Serat-serat Khusus/Spesial Pada Poliester

32725 views

Serat poliester spesialPolyester adalah kategori polimer yang mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya. Meskipun ada banyak poliester, istilah "poliester" sebagai bahan tertentu paling sering mengacu pada polyethylene terephthalate (PET). Poliester termasuk bahan kimia alami, seperti dalam cutin dari kutikula tanaman, dan juga sintetis melalui polimerisasi step-growth seperti polikarbonat dan polibutirat. Poliester alami dan beberapa serat sintetis adalah biodegradable, tapi kebanyakan poliester sintetis tidak biodegradable.
Polyester Fiber
Poliester sebagai termoplastik bisa berubah bentuk setelah aplikasi panas. Serat polyester memiliki kekuatan dan E-modulus yang tinggi, penyerapan air rendah dan penyusutan minimal dibandingkan dengan serat industri lainnya.

Poliester Khusus:
Beberapa sifat yang paling istimewa dari polyester dibahas sbb:

A. High/Low shrink fibres:
Serat High shrink akan menyusut lebih dari 50% pada 100 C sedangkan serat Low shrink 1%. Serat High shrink memungkinkan kain dengan kepadatan tinggi untuk diproduksi dan terutama digunakan untuk kulit buatan dan kain felt dengan kepadatan tinggi. Serat Low shrink dianjurkan untuk filter udara yang digunakan dalam udara panas, furniture, sepatu dll

B. Micro Denier:
Denier mikro tersedia dalam 0,5 / 0,7 / 0,8 denier pada cutlenghts 32/38 mm. Ideal untuk kemeja kelas tinggi, setelan, bahan pakaian wanita karena nuansa lembut yang luar biasa. Juga tersedia dalam penyempurnaan silikon yang digunakan untuk bantal. Untuk mendapatkan hasil terbaik.

C. Flame Retardant:
Flame retardant (tahan api) umumnya digunakan pada perabot / tirai, dll di mana sejumlah besar orang berkumpul seperti di bioskop, bus, mobil dll. Disarankan digunakan untuk tirai, sarung jok, tikar mobil, interior otomotif, interior pesawat dll

D. Cationic Dye able:
Memberikan nuansa warna yang sangat cerah dengan menggunakan zat warna asam dalam pencelupan / printing. Ideal untuk pakaian wanita.

E. Easy Dyeable:
Serat easy dyeable dapat dicelup dengan zat warna disperse pada suhu 98 derajat C tanpa membutuhkan peralatan HTHP. Ideal digunakan untuk kerajinan, dll.

F. Low Pill:
Serat low fill mempunyai nomor 2 dan 3 denier, digunakan untuk setelan penggunaan akhir dan serat untuk kain rajut dengan kekuatan 3-3,5 gm / denier.

G. Antibakteri:
Sifat antibakteri ini dimiliki sepanjang umur serat termasuk ketika di cuci berulang. Disarankan digunakan untuk pakaian dalam, kaus kaki, olahraga, selimut dan AC filter.

H. Super High Tenacity:
Nilainya di atas 7 g / denier dan terutama digunakan untuk benang jahit. Denier standar yang dianjurkan adalah 1,2 dan saat ini 0,8 juga tersedia.

I. Modifikasi bagian penampang melintang:
Dalam hal ini modifikasi penampang melintang menjadi bentuk TRILOBAL, SEGITIGA, FLAT, DOG BONE dan SERAT HOLLOW dengan single dan multiple hollow. Serat trilobal memberikan pegangan yang baik. Serat segitiga memberikan kilau yang sangat baik. Flat dan Dog bone dianjurkan untuk perabotan, sementara serat berongga (hollow) digunakan sebagai mengisi serat pada bantal, selimut dan padding. Untuk serat bantal silicoised diperlukan. Beberapa produsen serat menawarkan serat berongga dengan built in (terpasang) parfum didalamnya.

J. Conducting Fibers:
Serat ini memiliki serbuk halus dari stainless steel di dalamnya untuk membuat serat menjadi konduktif. Direkomendasikan sebagai karpet untuk ruang komputer.

K. Low Melt Fibres:
Serat Ini adalah serat bi-komponen dengan memodifikasi permukaan polyester menjadi lebih lembut pada suhu rendah berkisar 110 C sedangkan inti dari serat adalah polimer poliester standar. Serat ini digunakan untuk mengikat jaring non woven.

Baca juga: Sekilas mengenai serat poliester

Hasil Pencarian Lainnya: