Sifat Fisik Serat Kapas

22221 views

Di antara serat alam, kapas merupakan serat tekstil yang paling penting di dunia. Bahkan, kapas merupakan tulang punggung dan landasan dasar perdagangan tekstil dunia dan industri. Kapas adalah serat nabati alami yang diproduksi di pabrik kapas di banyak negara di dunia

Sifat fisik kapas

Sifat kapas Serat:

Sifat serat kapas  dapat dibagi menjadi dua bagian, Pertama adalah sesuai dengan struktur fisik dan kedua berdasarkan proses.

  1. Menurut struktur fisik:

Panjang serat kapas: Secara fisik serat kapas individu terdiri dari sel tubular tunggal yang panjang. Panjangnya sekitar 1200-1500 kali dari lebarnya. Panjang serat kapas bervariasi dari 16 mm sampai 52 mm, tergantung pada jenis kapas.

  1. Kapas India 16-25 mm
  2. Kapas Amerika 20-30 mm
  3. Sea Island 38-52 mm
  4. Kapas Mesir 30-38 mm

Kehalusan serat kapas: Semakin panjangi serat, maka semakin halus serat dalam kasus serat kapas, yang dinyatakan dalam nilai desiteks dan bervariasi dari 1,1 sampai 2.3 desiteks.

  1. India = 2.2-2.3dtex
  2. Amerika = 2,1-2,2 dtex
  3. Mesir = 1,2-1,8 dtex
  4. Sea Island = 1,0-1,1 dtex

Kehalusan mungkin lebih banyak berhubungan dengan tingkat kematangan serat.

Kekuatan: serat kapas memiliki kekuatan yang cukup diantara serat alam dalam dengan nilai 3-3.5 g / dtex. Kekuatan tarik kapas ada diantara wol dan serat sutera

Sifat elastis kapas: Pemulihan dari deformasi serat kapas, benang atau kain dari beban yang diterapkan sangat rendah. Dengan menerapkan panas pemulihan tidak dapat dicapai. Pemulihan ini dapat dicapai dengan cara: pertama;.Chemical treatment untuk meningkatkan crease recovery, tapi masalahnya adalah bahan menjadi lebih keras karena penggunaan bahan kimia. Kedua;. blending atau pencampuran kapas dengan serat elastis, misalnya poliester, rasio campuran tergantung pada penggunaan akhir kain.

Penampang (cross section): Cross-section pada serat kapas beberapa seperti bentuk pita. Dinding sel agak tipis dan lumen menempati sekitar dua pertiga dari seluruh luas dan muncul sangat menonjol dalam cahaya terpolarisasi.  Penampang Serat menjadi bulat ketika proses mercerized.

Penampilan: serat kapas ini cukup pendek, halus dan berwarna putih lembut. Warna serat tergantung pada tanah tempat pertumbuhan. Dengan menambahkan bahan kimia dalam tanah, warna serat kapas mungkin bervariasi.

2. Menurut proses penggunaan:

Kenyamanan: Serat kapas memiliki porsi amorf yang besar dan ini menjelaskan mengapa udara dapat masuk dan keluar melalui serat kapas. Jadi, kain yang dibuat dari serat kapas cukup nyaman untuk digunakan.

Pegangan tangan: Jika melalui proses ginned yang benar; serat kapas dapat menjadi yang terbaik dalam hal pegangan tangan (hand feeling) di antar serat  lain.

Penyerapan: Serat kapas memiliki daya serap tinggi sehingga serat kapas dapat dicelup zat warna dengan baik..

Retensi Warna: Jika proses printing diterapkan pada serat kapas, warna tidak akan menyebar  ke luar desain. Sehingga efisiensi printing baik pada serat kapas.

Pencucian: Tampaknya beberapa serat tidak dapat kering atau dicuci karena memiliki sensitivitas dan sifat tahan luntur yang buruk tetapi pada serat kapas Anda akan memiliki sejumlah besar pilihan untuk memilih. Anda dapat dengan mudah mencuci kain katun pada mesin cuci dan bahkan Anda akan dapat mengeringkan serat ini dengan menggunakan mesin pengering elektronik.

Kekuatan: Jika Anda ingin mencari kekuatan rata-rata yang mungkin cukup bagi Anda; maka serat kapas bisa menjadi pilihan utama Anda. Kekuatan serat kapas cukup baik.

Drape: kemampuan drape serat kapas mengagumkan. Anda dapat menggunakan serat kapas untuk membuat kain dalam setiap jenis pakaian yang membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dan drape.

Penjahitan & Penanganan:  Efisiensi penjahitan pada serat Kapas membuat kain lebih mudah dan nyaman daripada serat lainnya. Inilah sebabnya mengapa permintaan kapas untuk membuat kain lebih tinggi di seluruh dunia.

 

Penggunaan Serat Kapas:

serat kapas adalah serat serbaguna yang memiliki berbagai kegunaan. Serat kapas ini banyak digunakan pada industri Pakaian untuk membuat kain seperti Sweater, Rok, Kemeja, Swimwear, pakaian Anak, Blus, Celana, kaus kaki dan jenis lain dari gaun.

Hasil Pencarian Lainnya: